23 Desember 2014
Hakikat IPA
Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA SD
IPA adalah suatu kumpulan teori sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah. Pada hakikatnya adalah ilmu untuk mencari tahu, memahami alam semesta secara sistematik dan mengembangkan pemahaman ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa fakta, konsep, prinsip, dan hukum yang teruji kebenarannya. Namun tidak terbatas demikian, melainkan suatu proses penemuan dan pengembangan. Pelajaran IPA tidak hanya bermanfaat dari segi materinya namun bermanfaat juga terhadap penanaman nilai-nilai yang terkandung ketika proses pembelajarannya.
Untuk belajar IPA diperlukan cara khusus yang disebut dengan metode ilmiah. Metode ilmiah ini menekankan pada adanya masalah, adanya hipotesa, adanya analisa data untuk menjawab masalah atau membuktikan hipotesa, dan diakhiri dengan adanya kesimpulan atau generalisasi yang merupakan jawaban resmi dari masalah yang diajukan.
Tujuan pembelajaran IPA terpadu yaitu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, meningkatkan minat dan motivasi peserta didik, serta beberapa kompetensi dapat dicapai sekaligus. Dalam Pusat Kurikulum (2006: 7-8), pembelajaran IPA terpadu mempunyai tujuan. Berikut ini akan diuraikan tujuan pembelajaran IPA terpadu yaitu:
a. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas
b. Meningkatkan minat dan motivasi
c. Beberapa kompetensi dasar dapat dicapai sekaligus
_________________________________________________________________________________
repository.upi.edu/1712/4/S_PGSD_0908238_chapter1.pdf
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Harap menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta tidak menyinggung SARA