1. Pengertian Media
Pembelajaran
Kata media berasal
dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau
pengantar. Dalam bahasa Arab media adalah perantara atau pengantar pesan dari
pengirim kepada penerima pesan (Azhar Arsyad, 2011:3). Menurut Gerlach dan Ely
yang dikutip oleh Azhar Arsyad (2011), media apabila dipahami secara garis besar
adalah manusia, materi dan kejadian yang membangun kondisi yang membuat
siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan atau sikap. Dalam pengertian
ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Sedangkan menurut
Criticos yang dikutip oleh Daryanto (2011:4) media merupakan salah satu
komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju
komunikan.
Berdasarkan beberapa
pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu benda
atau komponen yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim
ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
minat siswa dalam proses belajar.
2. Penggunaan dan
Pemilihan Media Pembelajaran
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para
guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat dalam upaya mencapai tujuan
pengajaran yang diharapkan. Guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan
keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media
tersebut belum tersedia.
Untuk itu guru harus
memiliki pengetahuan yang cukup tentang memilih media pengajaran. Antara
lain :
(1) batasan sumber
daya institusional,
(2) kesesuaian
media dengan mata pelajaran yang diajarkan,
(3) karakteristik
siswa atau anak didik,
(4) perilaku
pendidik dan tingkat keterampilannya,
(5)
sasaran pembelajaran mata pelajaran,
(6) hubungan
pembelajaran,
(7)
lokasi pembelajaran,
(8) waktu dan tingkat
keragaman media.
(9) tingkat
kesenangan dan keefektifan media.
3. Fungsi Media Pada
Pembelajaran
Menurut Azhar Arsyad
(2011:15) fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu
mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar
yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Menurut Arif S. Sadiman, dkk (2011) menyebutkan bahwa kegunaan-kegunaan media pembelajaran yaitu:
a.
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis.
b.
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
c.
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat mengatasi
sikap pasif anak didik.
d.
Memberikan perangsang belajar yang sama.
e.
Menyamakan pengalaman.
f.
Menimbulkan persepsi yang sama.
4. Jenis
Media Pembelajaran
Sejalan
dengan perkembangan teknologi, maka media pembelajaran pun mengalami
perkembangan melalui pemanfaatan teknologi itu sendiri.
Berdasarkan
teknologi tersebut, Azhar Arsyad (2011) mengklasifikasikan media atas
empat kelompok, yaitu :
a. Media
hasil teknologi cetak.
b. Media
hasil teknologi audio-visual.
c. Media
hasil teknologi yang berdasarkan komputer.
d. Media
hasil gabungan teknologi cetak dan komputer.
Erma, F.
2012. Media Pembalajaran UNY.Pdf
http://eprints.uny.ac.id/8323/3/BAB%202%20-%2008513241018.pdf
(diakses 30 Desember 2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Harap menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta tidak menyinggung SARA